Dari pada bengong

Standard

Proposal beasiswa

Banda Aceh, 16 Februari 2011

Lampiran : 1 (satu) berkas
Perihal : Permohonan Beasiswa

Kepada Yth:
Bupati Kabupaten Aceh Tengah

Di – Tempat

Dengan hormat,
Semoga Bapak senantiasa dalam lindungan Tuhan Yang Maha Esa dalam setiap menjalankan aktivitas sehari-hari. Amin.
Bersama ini saya sampaikan bahwa saya adalah salah seorang mahasiswa asal Kabupaten Aceh Tengah yang sedang melanjutkan pendidikan di Universitas Syiah Kuala – Propinsi Aceh, semester 8 (smester akhir). Saat ini saya bertempat tinggal di Jl. Inong Bale. Lr. Ayahanda,No.8E, Darussalam, Banda Aceh.
Sehubungan kebutuhan akan peningkatan mutu sumber daya manusia (SDM) dan fasilitator pendidikan, maka saya memberanikan diri untuk mengajukan permohonan beasiswa kepada bapak. Besar harapan saya agar bapak berkenan untuk memberikan bantuan berupa bantuan dana kuliah atau beasiswa. Atas perhatian bapak saya ucapkan terima kasih.

Hormat Saya

Irwanto

A. Pendahuluan
Dalam undang-undang dasar tahun 1945 dinyatakan bahwa salah satu tujuan dari kemerdekaan kita adalah mencerdaskan kehidupan bangsa. Namun sejak beberapa dekade lewat tujuan itu telah mengalami pergeseran. Setidaknya terlihat dari agenda pembangunan yang telah digariskan oleh para pemimpin-pemimpin bangsa, dimana penciptaan sumber daya manusia melalui pendidikan masih sangat lemah jika di bandingkan dengan sektor-sektor lainnya. Akibatnya dapat dirasakan sekarang dimana mayoritas SDM anak bangsa ini lemah, apalagi mereka yang berada di luar daerah pulau jawa. Padahal potensi baik disektor manusia maupun potensi alamnya sangat besar, yang pada akhirnya menjadi terabaikan selain habis dieksploitasi oleh pihak lain, juga akibat SDM di daerah sendiri terlalu lemah.
Diantara posisi daerah yang besar sebagai cikal bakal daerah yang maju adalah memilliki sumber daya alam yang besar dan letaknya yang strategis. Begitu juga dengan Kabupaten Aceh Tengah yang sangat kaya akan kekeyaan alamnya serta letaknya yang strategis sangatlah berpotensi untuk menjadi daerah yang maju. Untuk mencapainya tidaklah mudah, suatu daerah haruslah memiliki sumber daya manusia yang handal dan profesional untuk mengelolanya agar bisa tercapai maksud dan tujuannya tersebut. Karena bagaimna pun melimpahnya sumber daya alam, tanpa adanya kemampuan sumber daya manusia unutk mengolahnya maka akan sia-sia.
Pengembangan sumber daya manusia adalah suatu upaya untuk menembangkan kualitas atau kemampuan sumber daya manusia, agar mampu mengolah sumber daya alam, sehingga dapat digunakan untuk kesejahteraan masyarakat sebagai akhir dari tujuan pembangunan itu sendiri. Maka dari itu sebagai generasi penerus, unutk mengembangakan Kabupaten Aceh Tengah selanjutnya saya sangat mengharapkan peran pemerintah daerah Kabupaten Aceh Tengah selaku institusi yang diberi hak oleh rakyat haruslah melakukan tugasnya selain untuk mengembangkan Kabupaten Aceh Tengah itu sendiri juga membangun untuk mendidik putra-putri daerah agar menjadi generasi yang handal, profesional dan berkualitas untuk membangun daerahnya sendiri.
Dilatarbelakangi hal tersebut saya sangat berharap pemerintah Kabupaten Aceh Tengah dapat membantu mengurangi beban keuangan yang menjadi kendala dalam meningkatkan prestasi belajar. Dengan semakin dinamisnya perkembangan dunia pendidikan dan tuntutan peningkatan mutu lulusan perguruan tinggi, maka perbaikan dan peningkatan sarana penunjang belajar adalah mutlak diperlukan.
Salah satu upaya yang saat ini saya harapkan dari pemerintah daerah Kabupaten Aceh Tengah adalah dapat memberikan bantuan beasiswa bagi mahasiswa asal Aceh Tengah. Karena bantuan ini sangat berarti dalam menunujang kelancaran dan keberhasilan mahasiswa dalam menyelesaikan masa belajarnya dan memudahkan penyelesaian skripsi dengan adanya sarana dan prasarana yang ada.

B. Tujuan
Tujuan dari pengajuan permohonan beasiswa ini dapat disebutkan sebagai berikut :
• Untuk meringankan beban orang tua dalam membiayai kuliah.
• Memacu daya saing untuk meningkatkan mutu pendidikan dan kemampuan dalam mengembangkan potensi diri.
• Perbaikan sarana penunjang belajar.
• Sebagai salah satu wujud nyata kepedulian pemerintah Kabupaten Aceh terhadap peningkatan SDM.
• Mempermudah Penyusunan Skripsi.
C. Estimasi Biaya Pendidikan
No Pengalokasian Jumlah (RP)
1 Pembayaran Seminar Proposal Skripsi 350.000
2 Pembelian buku penunjang belajar dan panduan skripsi 1.500.000
3 Biaya foto copy jurnal penunjang skripsi dan internet 400.000
4 Biaya Transportasi dan makan 700.000
5 Biaya sidang skripsi 700.000
6 Biaya Wisuda 1.000.000
Total 2.650.000

D. Lampiran
Dengan saya lampirkan beberapa persyaratan yaitu:
• Transkrip Nilai
• Surat Keterangan Aktif Kuliah
• Foto Copy KTM
E. Penutup
Demikian proposal ini saya ajukan dengan harapan dapat dipertimbangkan dan disikapi sebagai mana mestinya. Atas perhatian dan kebijaksanaan bapak, saya ucapkan terima kasih.

Banda Aceh, 16 Januari 2011

Irwanto

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s